SiCepat Express Siap Tandingi Perusahaan Ekspedisi di Indonesia

Salah satu masalah yang harus dihadapi oleh e-Commerce di Indonesia adalah mengenai penyebaran barang atau logistik. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Indonesia terdiri dari pulau-pulau, sehingga penyebarannya harus memerlukan transportasi yang memadai dan memakan waktu yang cukup lama.

Perkembangan dunia e-Commerce di Indonesia tanpa disadari telah membangunkan perusahaan logistik yang awalnya hanya offline mulai bergerak ke ranah online. Tak ketinggalan perusahaan ekspedisi yang memiliki plat merah pun tak ingin kehilangan pangsa pasar.  Adalah kantor Pos Indonesia,  yang mulai melakukan kerjasama dengan 20 e-Commerce besar di Indonesia.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi Wahju Setijono, seperti dikutip dari Viva.co.id mengakui bahwa PT Pos tengah membuka pembicaraan dengan 20 perusahaan e-Commerce yang ini tengah mengemuka di pasar dalam negeri seperti Tokopedia, hingga Buka Lapak.

Hal ini dilakukan oleh PT Pos Indonesia, untuk mendapakan revenue sebesar 16 kali dari pendapatan pada tahun sebelumnya. Pendapatan sebelumnya hanya mencapai Rp5 triliun.  Kini, PT Pos Indonesia tidak hanya mengutamakan pendapatan dari pengiriman surat, melainkan pengiriman barang dari e-Commerce yang ada di Indonesia.

Keputusan untuk menggaet 20 e-Commerce besar di Indonesia merupakan langkah tepat yang dilakukan PT Pos Indonesia, dibandingkan PT Pos Indonesia harus melakukan penolakan atau memboikot startup-startup baru yang berada dalam sektor logistik atau pengiriman barang.

Salah satunya perusahaan ekspedisi Indonesia yakni SiCepat Ekspress yang banyak mendapatkan perhatian saat mengikuti Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE 2016) lalu. Sicepat Ekspress merupakan perusahaan ekspedisi atau jasa pengiriman barang yang telah berdiri dari tahun 2014.

Foto: IESE.id | CEO dan Founder SIC

Founder dan CEO SiCepat Ekspress, Rudi Darwin Swigo meyakini bahwa setiap transaksi dalam perdagangan e-Commerce memerlukan jasa ekspedisi sebagai sarana pendistribusian baik secara B2B maupun B2C. Seperti ditulis oleh iese.id Sejauh ini, SiCepat Ekspress telah bekerjasama dengan online shop maupun marketplace, seperti: Matahari Mall, Tokopedia, Bukalapak, Jakarta Notebook, dan Berrybenka.

Tak hanya itu, seperti dikutip dari CNN Indonesia, LINE (Aplikasi chatting asal Jepang) turut menggandeng SiCepat Express untuk menyediakan jasa penjemputan barang untuk menggarap layanan LINE@ di Indonesia.

Salah satu keunggulan SiCepat adalah memberikan layanan pesan singkat untuk resi pengiriman, langsung ke ponsel si pembeli. Sedangkan untuk pemiliki toko, layanan rekap resi siap dikirimkan melalui email sudah dalam urutan abjad.

2 pemikiran pada “SiCepat Express Siap Tandingi Perusahaan Ekspedisi di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s