KitaBisa.com Berhasil Kumpulkan Dana 3,51 Miliar Rupiah untuk Warga yang Membutuhkan

Bangsa ini Kenyang Perkataan! 

Tunjukan aksi konkrit Anda dengan menggalang dana untuk hal yang berarti bagi Anda

Kalimat di atas seolah mencerminkan masyarakat Indonesia, yang banyak berbicara namun sedikit aksi. Meskipun masyarakat Indonesia sedang mengalami permasalahan.  Kalimat tersebut tertulis disalah satu halaman sebuah startup yang berjenis crowdfunding (patungan).

Sejatinya, mendirikan sebuah startup harus bisa memecahkan persoalan yang terjadi di masyarakat. Beranjak dari sanalah yang membuat pria berumur 23 tahun, Afifah Timur. Mendirikan sebuah startup yang dinamakan “Kita Bisa“. KitaBisa juga berada di bawah naungan Rumah perubahan yang dipimpin Prof Rhenal Kasali, seseorang yang sangat concern terhadap berbagai isu sosial dan memfasilitasi gerakan solusinya.

KitaBisa menawarkan wadah kolaborasi sosial dalam berbagai bentuk mulai dari donasi hingga aksi sukarelawan secara online. Anda bisa memilih dua tipe, antara lain: menjadi pihak yang mendukung proyek  dan pihak yag didukung. Anda sebagai donatur (mendukung proyek)  bisa memiliki proyek. Anda bisa memilih dari segi kesehatan, insfrastruktur, pemberdayaan, teknologi. KitaBisa yang berdiri sejak 6 Juni 2013, telah berhasil mengumpulkan dana 3,51 miliar rupiah, 174 inisiatif telah terdanai dan sebanyak 18,600 donatur telah bergabung

Paybill-Indonesia-proyek-Kitabisa-270815Apabila Anda memilih untuk membuat proyek, caranya pun mudah. Terlebih dahulu Anda harus membuat akun.  Anda mengisi proposal yang telah disediakan, nantinya proposal tersebut akan melewati proses assesment dari pihak KitaBisa.
Apabila sesuai kriteria, maka tak lama kemudian kampanye yang dibuat akan ditampilkan dan pihak pendukung proyek sosial bisa menjalankan kampanye lebih lanjut. Jika Anda tidak ingin membuat proyek, Anda bisa memilih untuk membantu proyek yang sudah ada, dan memberi dukungan seperti: dukungan donasi, berbagi ilmu, menjadi sukarelawan, hingga membantu dukungan lewat sosial media kepada banyak orang.
Berbagai proyek yang sudah dibuat KitaBisa, bisa dilihat di sini . Uniknya, apabila Anda memilih untuk berdonasi, pembayaran yang diterima KitaBisa dapat dengan menggunakan Bitcoin, selain melakukan transfer dengan bank-bank di Indonesia.  Sayangnya, sistem pembayaran donasi di KitaBisa belum bisa menggunakan Paypall dan kartu kredit, seperti startup crownfunding yang sejenis di Amerika Serikat yaitu gofundme.com dan kickstarter.com
Paybill-Indonesia-pembayaran-kitabisa
Halaman Metode Pembayaran pada Salah Satu Proyek
Salah satu proyek KitaBisa yang sedang marak dibicarakan ialah aksi bersama partner nya ShaveForHope, yaitu aksi untuk menolong penderita kanker di Indonesia. Mereka yang membantu mengikuti proyek ini, dengan senang hati membotakan rambut atau memotong rambut hingga pendek, menunjukan empati mereka bagi penderita kanker yang terpaksa botak karena kemoterapi.
Bagaimana dengan startup yang Anda buat, apakah sudah berguna untuk masyarakat sekitar?

Tinggalkan komentar