Tiga Strategi Agar Bisnis Anda Sukses dengan Mobile Payment

Tahun 2017, diprediksi penggunaan mobile payment akan meningkat hingga mencapai $90 triliun. Tahun ini, penggunaan mobile payment dirasakan belum terlalu tinggi, sekitar tiga persen dari tujuh persen pengguna yang melakukan transaksi dengan mobile payment.

Hal ini disebabkan, sebagian pengguna masih merasa takut jika ponsel pintarnya hilang, berarti uang yang ada didalam mobile payment tersebut hilang juga. Berarti yang ditakutkan disini, mengenai keamanan dari mobile payment tersebut. Penggunaan mobile payment seperti Apple Pay, yang bisa digunakan dengan mengunakan sidik jari nyatanya jauh lebih aman dibandingkan melakukan pembayaran dengan menggesekan kartu kredit. Saat Anda berbelanja menggunakan Apple Pay, kasir sama sekali tidak akan mengetahui nomor kartu kredit Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan mobile payment untuk perkembangan bisnis Anda. Sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu, tiga cara penerapan mobile payment untuk bisnis, seperti dilansir dari Entrepreneur:

1. Lebih Awal Menerapkan Penggunaan Metode Payment

17112015-lebihawalmenggunakanmobilepayment-paybillindonesia
Foto: Keluarga.com | Menggunakan mobile payment dapat memperluas bisnis

Bagaimana cara yang tepat untuk mengalahkan pesaing? Mungkin hal ini cocok diterapkan untuk perkembangan bisnis Anda. Salah satunya mengadopsi teknologi sejak awal misalnya penggunaan mobile payment. Penggunaan mobile payment terbukti membuat Anda satu langkah lebih maju dibandingkan pesaing. Hal ini karena, penggunaan mobile payment dianggap lebih mudah dan nyaman dilakukan oleh konsumen.

Sebagai contoh, startup Dash merupakan startup yang memiliki aplikasi untuk membagi dan membayar tagihan langsung dari ponsel pintar mereka. Awalnya, Dash memungkinkan penggunanya untuk menyimpan informasi dalam aplikasi. Sekarang, Dash telah mendukung penggunaan Apple Pay. Apa yang mereka dapatkan? Dash berhasil menguasai pangsa pasar.

2. Mempermudah Proses Checkout

17112015-checkoutmobilepayment-paybillindonesia
Foto:tmogrup.asia| Mempermudah proses chekout membuah konsumen loyal

Saat Anda mulai meningkatkan alur checkout, seperti mempermudah prosesnya dan meningkatkan penggunaan mobile payment. Berarti Anda telah menghilangkan hambatan yang dirasakan oleh pengguna. Hal semacam ini, bisa membawa dampak baik bagi bisnis Anda, yaitu menghasilkan pengguna yang lebih banyak.

Apalagi jika Anda berhasil mengintegrasikan mobile payment, sehingga pembayaran menjadi lebih cepat, lebih mudah dan lebih aman. Selain itu, Anda memastikan bahwa hanya pengguna (teknologi mobile payment dengan sidik jari) yang dapat menutup tab dan melakukan pembelian tersebut. Hal ini akan membuat pengguna baru tertarik dengan bisnis yang Anda miliki.

3. Lakukan Promosi

17112015-promosimobilepayment-paybillindonesia
Foto: rumahumkm| Promosi cara yang efektif untuk menarik konsumen

Jika Anda sedang berusaha untuk mengembangkan penggunaan mobile payment bagi bisnis Anda, sebaiknya buatlah suatu program promosi seperti diskon atau penawaran. Pemberian diskon dan penawaran, biasanya menumbuhkan pembelian lebih besar dan membuat konsumen menjadi loyal dalam waktu yang lama.

 

Sumber: Entrepreneur

Tinggalkan komentar